Sabtu, 27 Mei 2017

Teh Bunga Gumitir Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Dan Dapat Cegah Kanker

Usada Anyar - Teh Bunga Gumitir Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Dan Dapat Cegah Kanker. Bunga Gumitir (Tagetes erecta L) merupakan  salah satu bunga yang mempunyai prospek yang cukup baik di daerah Bali , karena bunga ini hampir setiap hari digunakan khususnya untuk keperluan upacara keagamaan di Bali. Di India bunga ini disebut dengan bunga yang amat suci, karena penggunaan bunga ini sebagai hiasan pada patung dewa. Di India banyak peneliti telah menguji kandungan bunga gumitir dan memanfaatkan bunga suci ini sebagai obat - obatan. Tanaman ini bermanfaat bagi kesehatan yaitu sebagai antioksidan, mengobati masalah pencernaan, mengobati demam dan sakit tenggorokan, mengobati masalah menstruasi dan menopause, melembakan kulit, mengurangi peradangan, mengusir nyamuk.


Kandungan dari bunga gumitir ini juga dapat melawan radikal bebas pada tubuh. Kandungan radikal bebas tersebut dapat memicu aktif nya sel kanker. Pengolahan bunga gumitir ini juga tidak terlalu susah dan alat yang digunakan dapat ditemukan di lingkungan rumah tangga. Pada artikel ini admin akan menjelaskan bagaimana proses pembuatan teh bunga gumitir ini, antara lain sebagai berikut.

Pertama : Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat teh bunga gumitir. Adapun bahan dan alat yang diperlukan seperti :
  1. Mangkok
  2. Nampan atau alas kayu
  3. Alat pengering (seperti : oven)
  4. Teko air atau panci
  5. Alat penyarin
  6. Bunga Gumitir 20-30 buah
  7. Kantung Teh

Kedua : Proses pembuatan teh bunga gumitir terdiri dari tiga langkah yaitu :
  1. Siapkan bunga Gumitir dan letakan didalam mangkok sebanyak 20-30 buah. Cuci bersih bunga dengan air mengalir kemudian tiriskan
  2. Hambur-hamburkan bunga Gumitir dari kelopak bunganya sehingga membentuk helai-helaian kecil. Setelah membentuk helai-helaian kecil keringkan helaian bunga dengan alat pengering seperti oven. Jika tidak ada alat pengering bisa menjemur dibawah terik sinar matahari selama 2-3 hari hingga kering sempurna, kemudian kemudian bunga Gumitir yang kering dimasukkan kedalam sediaan kantung teh.
  3. Jika ingin menikamti teh bunga Gumitir maka siapkan air hangat dalam gelas kemudian celupkan sediaan bunga Gumitir seperti pembuatan teh celup pada umunya, atau jika bunga gumitir tidak dikemas dalam katung teh maka cara menyajikan teh bunga Gumitir adalah dengan merebus bunga gumitir yang telah kering dengan air mendidih hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan. Setelah berubah warna saring air rebusan bunga Gumitir dengan penyaringan dan teh herbal bunga Gumitir siap untuk dihidangkan.
Perhatian !!!
Teh bunga gumitir dapat dikonsumsi setiap hari, jika pembaca mengalami sakit tenggorokan dan demam, teh ini dapat menghilangkan penyakit tersebut. Kasiat dari mengkonsumsi teh ini juga dapat untuk mencegah penyakit kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. 

4 komentar: