Minggu, 25 Juni 2017

Tips Simpel Mengurangi Rasa Nyeri Rematik

Usada Anyar - Tips Simpel Mengurangi Rasa Nyeri Rematik. Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid (Rematik) adalah kondisi ketika kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. Akibatnya, sendi-sendi yang terserang akan mengalami peradangan dan menimbulkan gejala salah satunya nyeri. Biasanya nyeri yang dirasakan oleh pengidap rematik berkisaran nyeri sedang sampai dengan nyeri berat.


Gambar : Tingkat nyeri berdasarkan ekspresi wajah.


Kebanyakan masyarakat di Indonesia yang mengidap rematik cenderung mengonsumsi obat penghilang rasa nyari (obat analgesik). Taukah anda jika anda terlalu sering mengkonsumsi obat - obatan akan mempengaruhi sistem kerja tubuh terutama pada organ hati dan ginjal. Selain dengan cara pengobatan, nyeri pada rematik dapat dihilangkan dengan tindakan kompres yang mudah dilakukan dirumah. Kompres bertujuan untuk merelaksasikan otot dan persyarafan sehingga rasa nyeri anda bisa berkurang. Teknik kompres yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat nyeri pada rematik yaitu dengan menggunakan kompres dengan air hangat dan air hangat yang berisi jahe. Berdasarkan penelitian Rusnoto, Noor Cholifah,Indah Retnosari tahun 2015 Kompres dengan air jahe dapat mengurangi tingkat nyeri pada pasien pengidap rematik. Cara kompres untuk mengurangi nyeri dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Siapkan air dan jahe yang sudah di potong - potong, setelah itu panaskan air yang bercampur jahe sampai mendidih.
  2. Jika air sudah mendidih maka matikan kompor dan diamkan air agar tidak terlalu panas.
  3. Setelah air sudah cukup hangat maka ambil Washlap atau slop tangan kain, jika tidak ada slop tangan kain anda boleh menggunakan handuk. Basahi washlap dengan air hangat setelah itu kompreskan pada bagian tubuh yang menjadi pusat nyeri.
  4. Lakukan Step ketiga sampai anda merasa lebih nyaman. 


Catatan : Pada saat melakukan kompres ada baiknya anda melakukan pengendalian nafas, karena proses ini akan membantu anda untuk mengurangi tingkat nyeri yang anda rasakan. Cara mengatur nafas.

0 komentar:

Posting Komentar