Sabtu, 27 Mei 2017

Tips Mengatasi Tidak Bisa Tidur Di Malam Hari (INSOMNIA)

Usada Anyar - Tips Mengatasi Tidak Bisa Tidur Di Malam Hari (INSOMNIA). Insomnia merupakan kondisi seseorang mengalami susah tidur pada malam hari atau tidak bisa tidur lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Tidur merupakan keadaan tidak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan tubuh Anda untuk beristirahat. Waktu tidur normal 7 sampai dengan 8 jam per hari. Karena dalam keadaan tidur terjadi proses pencernaan secara penuh. Pada saat tidur fungsi organ dapat fokus pada proses pencernaan. Insomnia merupakan salah satu kelainan pola tidur. Kelainan pada pola tidur ini akan menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia tidak begitu fit dalam melakukan aktivitas keesokan harinya. Insomnia dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

Masalah Psikologis : Stres merupakan salah satu masalah psikologi yang menjadi penyebab utama insomnia. Karena dalam keadaan stress seluruh fungsi organ akan terganggu dan membuat anda selalu memikirkan masalah yang anda alami akan menjadi penyebab terbesar yang membuat anda tidak bisa tidur. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi pola tidur anda melainkan dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh yang menyebabkan melemahnya kondisi fisik sehingga dapat menimbulkan penyakit.

Masalah kesehatan fisik yang mendasari : Banyak masalah kesehatan fisik dapat menimbulkan gejala yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman sehingga mendapat kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur, contohnya adalah:
  1. Menderita penyakit yang menyebabkan nyeri berkepanjangan
  2. Gangguan pernapasan (asma dan penyakit paru-paru)
  3. Gangguan jantung (gagal jantung dan angina)
  4. Masalah otot dan sendi (arthritis)
  5. Gangguan hormon (hipertiroidisme)
  6. Gangguan saraf (penyakit Parkinson dan Alzheimer)
  7. Masalah pada organ kemih (pembesaran prostat dan inkontinensia urine)
  8. Penyakit kanker
  9. Gangguan pencernaan (penyakit GERD)
  10. Stroke
  11. Gangguan tidur lainnya (gangguan tidur berjalan, mendengkur, narkolepsi, sindrom kaki gelisah, atau apnea tidur)
Pola Hidup Yang Tidak Sehat : Pola hidup yang dimagsud iyalah kebiasaan anda begadang dapat mempengaruhi terjadinya insomnia dan rutinitas yang harus memaksa anda untuk bangun pagi. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan maka anda akan mengalami insomnia yang akan berpengaruh pada kondisi tubuh anda.

Gejala Insomnia : Gejala insomnia bemacam-macam. Pada sebagian penderitanya ada yang berbaring dalam keadaan terjaga untuk waktu yang lama sebelum bisa benar-benar tertidur. Selain itu ada juga yang terbangun beberapa kali dari tidur atau terbangun saat masih dini hari dan tidak bisa tidur kembali. Umumnya para penderita insomnia akan sulit beraktivitas dan berkonsentrasi di siang hari karena merasa lelah. Penampilan mereka juga tampak tidak segar. Selain membuat penderitanya merasa lelah di siang hari, insomnia juga dapat memengaruhi suasana hati. Akibatnya, sering kali penderita insomnia terlihat stres, mudah tersinggung, atau cepat marah. Meskipun pada siang hari tubuh mereka terasa lelah, penderita insomnia biasanya tetap tidak tidur.

Tips Mengatasi Insomnia : Untuk mengatasi insomnia dapat dilakukan dengan beberapa cara, pada artikel ini penulis akan membagikan tips sehat agar anda terhindar dari insomnia (bagi yang pola tidurnya normal) dan untuk anda yang mengalami insomnia.

Mengatur jadwal tidur : Bagi anda dengan pola tidur normal pengaturan jadwal tidur sangat penting untuk mencegah terjadinya insomnia. Dengan mengatur jadwal tidur anda dapat mengatur waktu kapan anda harus melakukan aktivitas dan kapan anda harus mengistirahatkan tubuh anda. Waktu tidur normal iyalah 7 - 8 jam per hari, jadi usahakan waktu tidur anda cukup.

Menerapkan Teknik Sharing dalam Menyelesaikan Masalah : Kebanyakan orang yang memiliki tingkat stres yang tingg cenderung memendam permasalahanya sendiri sehingga anda harus berfikir berulang kali untuk menemukan cara dalam menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Sharing merupakan salah satu solusi untuk menghadapi masalah ini, dikarenakan jika anda mendiskusikan masalah anda dengan orang terdekat maka secara tidak langsung anda akan mendapatkan solusi. Meskipun bantuan yang anda dapatkan dari teman sharing anda tidak begitu banyak tapi dapat mengurang beban yang harus anda pikirkan.

Penerapan Pola Hidup Sehat : Penerapan pola hidup sehat yang dimagsud iyalah dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Tidak punya banyak waktu untuk Olahraga? alasan tersebut merupakan alasan yang paling sering diucapkan oleh setiap orang. Tapi tahukah anda berolahraga yang baik tidak memerlukan waktu yang ber jam - jam, melainkan hanya dengan 15 menit setiap harinya dan tidak memerlukan tempat khusus. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti Push up , Sit up, dan jika anda memiliki waktu luang di pagi hari maka anda dapat melakukan jogging. Meditasi juga dapat bermanfaat dalam merilexkan pikiran anda sehingga pernafasan dan peredaran darah anda menjadi lancar dan mempengaruhi kualitas tidur anda.

Menemukan Teknik Tidur : Kebanyakan orang susah tidur disebabkan oleh posisi maupun kondisi yang tidak nyaman. Pada poin ini penulis menyarankan galilah posisi maupun kondisi yang membuat anda relax dan nyaman contohnya saja , tidur dengan mendengarkan musik kesukaan anda, tidur dengan keheningan dan suasana yang gelap, dan posisi tidur yang membuat anda merasa nyaman.

4 Tips diatas sudah dibuktikan secara penelitian maupun penulis sendiri sudah menerapkan 4 poin diatas. Penulis yakin jika anda menerapkan tips diatas maka dalam waktu satu minggu anda dapat menikmati kualitas tidur yang baik.

10 komentar:

  1. Patut di coba ini, info yang menarik gan, memang ane puasaan ini tidur ga aturan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa sih gan waktu tidurnya di jaga apa lagi agan puasa, agar kondisi agan selalu fit

      Hapus
  2. Balasan
    1. terimakasi telah berkunjung gan semoga informasi yang kami sediakan dapat bermanfaat...

      Hapus
  3. Terimakasi telah berkunjung semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan 😋

    BalasHapus
  4. ini sangat bermanffaat gan pola tidur saya kurang gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasi gan semoga dengan adanya artikel ini tidurnya makin nyaman tiap malam heheh

      Hapus