Senin, 26 Juni 2017

6 Langkah Cara Mencuci Tangan Agar Bersih Dan Sehat

Usada Anyar - 6 Langkah Cara Mencuci Tangan Agar Bersih Dan Sehat. Mencuci tangan merupakan rutinitas yang paling sederhana dan paling sering kita lakukan. Aktivitas ini biasanya sering dilakukan pada saat sebelum makan dan sesudah makan, selain itu mencuci tangan identik dilakukan pada saat setelah mengambil atau menyentuh benda kotor. Tujuan dari mencuci tangan ialah agar terhindar dari kuman yang membawa penyakit yang dapat merusak kesehatan anda. Menurut penelitian Anisa, Diah Nur tahun 2015 kesadaran prilaku mencuci tangan pada masyarakat umum khususnya pada anak - anak sangat sedikit. Hal ini menyebabkan masih banyaknya anak - anak di Indonesia yang terkena diare dan cacingan karena disebabkan oleh kurangnya kesadaran mencuci tangan dan kebersihan diri.

Mencuci tangan merupakan tindakan menggosok tangan dengan sabun sampai berbusa pada semua permukaan tangan yang dilanjutkan dengan membilas dengan air mengalir. Trik mencuci tangan sangat banyak kita jumpai. Salah satu cara mencuci tangan adalah mencuci tangan 6 langkah menurut WHO. Cara mencuci tangan 6 langkah menurut WHO ini sangat umum digunakan di kalangan petugas kesehatan maupun kalangan umum. Cara mencuci tangan ini dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Hidupkan keran dan bilas tangan anda sampai terkena air, setelah itu tuangkan sabun cair atau gosokan sabun pada telapak tangan anda. Gosokan sabun secara lembut dan memutar pada telapak tangan anda.
  2. Setelah telapak tangan usap dan gosok punggung tangan anda secara bergantian sampai punggung tangan anda bersih.
  3. Setelah punggung tangan gosok selah selah jari sampai bersih.
  4. Bersihkan ujung ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari saling bergantian sampai bersih.
  6. Letakan ujung jari ke telapak tangan memutar - mutar secara bergantian, setelah itu bilas dengan air mengalir. Tutup keran dengan siku anda maka tangan anda sudah bersih dan terbebas dari kuman.

0 komentar:

Posting Komentar